Senin, 14 Februari 2011

INFO:{KILAS BALIK}KASUS ANTARA SM ENTERTAIMENT DAN JYJ PART 2

4) JYJ mengajukan tuntutan hukum mereka terhadap SM dikarenakan perusahaan kosmetik tersebut.



* JYJ ingin mengeksploitasi ketenaran TVXQ untuk mengembangkan sebuah merek kosmetik yang tidak dikenal menjadi sebuah merek ternama di seluruh Asia, dan agar mendapatkan keuntungan yang besar melalui investasi merekaitu. JYJ memutuskan bahwa mereka tidak dapat ikut serta dalam bisnis perusahaan kosmetik tersebut jika mereka terus berada dibawah kontrak eksklusif dengan SM. Karena itulah, mereka mengajukan sebuah tuntutan hukum, dalam rangka dapat mengambil bagian dalam perusahaan kosmetik tersebut.

* Jika perusahaan kosmetik tersebut bukanlah alasan mengapa JYJ mengajukan tuntutan hukum, lantas mengapa JYJ tidak mengajukan keberatan terhadap kontrak tersebut sampai keterlibatan mereka dalam industri kosmetik dimulai?



(5) Bahkan setelah tuntutan hukum tersebut diajukan, SM terus-menerus mencoba untuk mengubah klausul-klausul yang terdapat dalam kontrak eksklusif dengan JYJ. Namun, JYJ tidak menerima perubahan tersebut.



(6) Masalah mengenai panjangnya periode kontrak



* Kedua belah pihak menyetujui panjangnya periode kontrak tersebut dengan motif finansial.

* SM tidak menahan dalam memberikan dukungan sebanyak mungkin bagi JYJ selama dalam periode kontrak.

* JYJ harus menjalankan apa yang mereka telah setujui dalam kontrak mereka.

* Sebuah kontrak jangka panjang adalah penting bagi kestabilan aktivitas di luar negeri. Saat BoA dan SES memasuki pasar Jepang, BoA sukses namun SES gagal. SES gagal karena mereka tidak memiliki sebuah kontrak berperiode panjang. Karenanya, bahkan AVEX menanyakan kepada TVXQ perihal sebuah kontrak berperiode panjang.

* Juga, sebuah kontrak jangka panjang adalah penting dalam mengatasi keterbatasan yang dihadapi oleh bintang idol dan mengembangkan mereka sebagai artis. Jika sebuah periode kontrak diatur untuk 3 atau 4 tahun, agensi tidak dapat membantu melainkan hanya bekerja memaksimalkan keuntungan dalam jangka periode waktu yang sesingkat itu. Karenanya, sebuah periode kontrak 10 tahun atau lebih memang perlu agar si artis dapat meningkatkan nilai mereka dan bekerja dalam lingkup pasar yang lebih besar.

* SM saat ini memiliki banyak “anak didik” yang berlatih dengan keahlian SM yang tahu bagaimana caranya menghasilkan idol. Dalam rangka membangun dan menjalankan sistem tersebut, milyaran Won dibutuhkan sebagai dana tahunan. SM adalah satu-satunya agensi dengan sistem sedemikian.

* SM menerima persetujuan dari orang tua JYJ.

* SM sudah mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh Fair Trade Commision.



(7) Masalah mengenai pembagian pendapatan



* Sistem pembagian pendapatan sebenarnya menguntungkan bagi JYJ.

* Dibandingkan dengan klausa pembagian pendapatan dari agensi-agensi lain, bisa didapati bahwa JYJ-lah yang mendapatkan penawaran terbaik di industri ini.

* SM telah memberikan kepada JYJ uang yang lebih banyak dari persetujuan yang telah disepakati mengenai pendistribusian penjualan album.

* Cukup banyak contoh dimana SM menutupi biaya yang harusnya dibayar oleh JYJ.

* Karena SM adalah sebuah perusahaan yang terdaftar, SM telah merilis semua konten mengenai urusan finansial dan didapati tidak ada masalah.

* Meskipun demikian, JYJ menyatakan bahwa ada permasalahan dalam pembagian pendapatan, dan SM secara aktif bekerja mengumpulkan data dari akun-akun yang ada. Walaupun SM memberikan JYJ izin untuk melihat dan memverifikasi akun-akun tersebut, namun JYJ tidak melakukannya.

* Juga, JYJ tidak pernah mempertanyakan hal kepada SM mengenai pembagian pendapatan dan perhitungan penyesuaian pajak mereka sampai pada saat mereka mengajukan tuntutan hukum.



(8) Masalah-masalah mengenai JYJ yang kebebasannya dikekang



* Tidak ada satu contoh pun dimana SM mengekang kebebasan JYJ.

* Hal ini dapat dilihat dari laporan oleh staf yang telah bekerja bersama JYJ.



(9) Kerugian besar yang ditimbulkan kepada 2 member TVXQ lainnya (Yunho, Changmin) terjadi karena JYJ



* JYJ menolak sebuah kontrak komersial dengan sebuah merek kosmetik domestik yang telah melakukan pembayaran dimuka sebesar 450 juta Won.

* Sepertiga dari Tur Asia TVXQ (4TH MIROTIC ASIA TOUR) tidak dijalankan. Bukti dari kejadian ini adalah pembatalan konser Shenzhen.

* Sampai akhir tahun 2009, JYJ berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang mereka pilih sendiri dan mengabaikan opini dari 2 member TVXQ.

* Walaupun JYM membuatnya terlihat seperti mereka bekerja menjalankan aktivitas-aktivitas TVXQ seperti biasa, namun hal itu tidak benar.

* JYJ menginterferensi kegiatan 2 member lainnya di Jepang dengan mengajukan permintaan bahwa AVEX mengakhiri hubungan bisnis mereka dengan SM dan menandatangani sebuah kontrak dengan CJES.



Pendirian JYJ



(1) Dalam kontrak tersebut antara SM dan JYJ ada begitu banyak klausa yang tidak adil dan tidak sesuai hukum.



* kontrak dengan periode 13 tahun lamanya

* eksploitasi kekuasaan mengenai kompensasi kerugian

* pembagian pendapatan yang tidak adil

* Poin dari tuntutan hukum ini adalah untuk membuat keseluruhan kontrak dengan klausa-klausa yang sedemikian menjadi tidak sah.



(2) Sudah ada beberapa contoh dari kontrak yang tidak sesuai hukum antara sebuah agensi dan seorang selebriti.



(3) Bahkan jika sekalipun kontrak tersebut dibatalkan, JYJ tidak dapat dituntut atas kewajiban mereka yang belum dipenuhi. Mereka selalu menjalankan jadwal-jadwal yang diberikan kepada mereka.



(4) Crebeau tidak lebih dari sebuah investasi.



* Tidak ada klausa pada kontrak tersebut yang melarang sang artis dari berinvestasi di bisnis lainnya.

* Tidak pernah ada sebuah contoh dimana aktivitas-aktivitas JYJ terhambat karena investasi mereka di Crebeau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar